MIN8BM – Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Revisi dari nama AKSI Bagaimana instrumen AKMI ?
AKMI menyelenggarakan empat jenis instrumen yang akan diASESMEN, dengan tujuan:
- mengukur kemampuan literasi yang mencerminkan kebiasaan belajar dan cara berpikir dan kecakapan hidup sesuai pengalaman yang diperoleh.
- mengukur kebiasaan yang mencerminkan perilaku dan karakter murid
UJI KETERBACAAN
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Revisi dari nama AKSI
Pengertian
UJI KETERBACAAN
Pengukuran melalui pengujian keterbacaan, yaitu kemudahan unt uk membaca dan memahami suatu teks/naskah (pada sebuah instrumen) Kemudahan dipengaruhi oleh panjang kalimat, pilihan kata, dan tata letak
Tujuan
Untuk mengetahui tingkat keterbacaan instrumen oleh responden (bapak-ibu guru). Menjadi jembatan pengujian melalui item pernyataan pada Rati ng-Scale yang akan dijadikan alat pengungkap tingkat kelayakan. Melalui uji keterbacaan ini diharapkan dapat mengetahui sejauh mana instrumen yang telah dibuat/disusun dapat dipahami oleh responden, baik itu struktur bahasa ataupun maksud pernyataan yang diajukan
PELAKSANAAN UJI KETERBACAAN
Memerlukan kontribusi dan masukan dari guru-guru madrasah untuk menelaah ketatabahasaan dalam SUSUNAN instrumen yang telah dibuat.
Program AKMI menggunakan 5 kriteria penilaian, yaitu:
- Sangat Layak/Sangat Baik
- Layak/Baik
- Cukup
- Kurang Layak / Kurang Baik
- Sangat Kurang Layak / Sangat Kurang Baik
Identifikasi kriteria kelayakan instrumen/memetik instrumen layak akan melalui pengolahan data dalam menentukan nilainya. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia
Bentuk Soal : Pilihan Ganda (PG)
STIMULUS
Stem (Pokok Soal): dapat berupa gambar, diagram, video, data, dan/atau cerita pendek yang berasal dari sumber ilmiah, kejadian sehari-hari, pendapat ahli, dan sumber lainnya yang dikemas dalamnarasi kekinian. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia
PERTANYAAN
Mengacu pada muatan stimulusus
PILIHAN JAWABAN
• HANYA DIPILIH SATU YANG BENAR
• Pendek pararel dan masuk akal
• Pilihan kunci jawaban terbukti benar
• pengecoh adalah pilihan jawaban salah namun tetap berbobot.
LITERASI SAINS – JENJANG MI
Kerbau dan burung
Dida menonton video peri laku kerbau pada habitat pada rumput di Afrika.
Ada hal menarik yang di perolehnya, kemudian bertanya kepada pak guru di
kelas
Dida, “ Pak guru, kemarin saya menonton video kerbau. Saya takjub,
karena punggung kerbau di hinggapi burung sampai sejumlah delapan ekor”
Pak Guru, “ Apa yang di lakukan oleh burung di punggung kerbau?”
Dida, “ Sepertinya mematuk-matuk punggung kerbau, pak”
Pak Guru, “ Apakah kamu mendengarkan penjelasan yang di sampaikan
oleh naratornya?”
Dida, “ Ya, saya mendengarkan, tetapi tidak terlalu paham karena
berbahasa inggris. ”
Dida semangat bercerita, bahwa sang Kerbau tidak marah, ketika
punggungnya dipatuk-patuk oleh burung. Setelah mendengarkan
penjelasan pak Guru, maka Dida menyimpulkan burung lapar mencari
mangsa di punggung kerbau, tetapi makanan burung tidak hanya terdapat
pada punggung kerbau saja.
LITERASI NUMERASI – JENJANG MI
Tito memiliki koleksi alat transportasi mainan yang tersusun sangat rapi di rak susun mainan.
Tito dengan senang dan bangga menceritakan tipe-tipe mainan alat transportasi kepada sahabatnya bernama Dida.
Manakah penjelasan Tito yang sesuai ….
1) Sepertiga mainan berwarna kuning
2) Seperempat mainan berwarna biru
3) Salah satu mainan adalah mainan mobil bak terbuka
4) Ada 2 mainan yang memiliki roda lebih dari 4 buah
BERIKUT LINK SIMULASI DISINI
Selamat Datang di Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia 2021
Link Untuk Uji Keterbacaan dan Validasi Instrumen
Pengisian Database Tim Madrasah (Pilih jenjang yang sesuai) KLIK DISINI
Pemilihan jadwal untuk madrasah KLIK DISINI
Daftar madrasah peserta validasi instrumen KLIK DISINI
Kontak HD Provinsi KLIK DISINI
Pakta integritas untuk Madrasah peserta validasi instrumen dan guru peserta Uji Keterbacaan KLIK DISINI